Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Diabetes merupakan penyakit yang umumnya ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Banyak sekali komplikasi yang diakibatkan penyakit ini, salah satunya adalah penyakit pada mata.

Semua kondisi pada mata ini dapat menyebabkan turunnya kualitas penglihatan, bahkan sampai kebutaan. Berikut dampak buruk diabetes pada mata:


  • Retinopati diabetik 


Retina mata berfungsi untuk menangkap cahaya yang masuk pada mata dan meneruskannya pada saraf penglihatan. Tingginya kadar gula darah mengakibatkan rusaknya pembuluh darah kecil pada retina.


  • Diabetic Macular Edema (DME) 


Penyakit ini biasanya berhubungan dengan retinopati diabetic. Pada keadaan ini, area mata yang bernama macula akan membengkak. Macula yang sehat penting bagi penglihatan yang tajam dan lurus, seperti saat menyetir atau membaca.


  • Glaukoma


Penyakit ini menyebabkan peningkatan tekanan bola mata, sehingga penderitanya sering merasa nyeri pada bola mata. Kenaikan tekanan ini dapat menyebabkan kerusakan pada saraf penglihatan.


  • Katarak 


Katarak merupakan keadaan kekeruhan pada lensa mata yang bisa mengakibatkan gangguan penglihatan. Pada kasus lanjut, katarak memerlukan pembedahan untuk mengeluarkan lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa yang baru.
Pada banyak kasus, penyakit mata yang dijelaskan di atas baru diketahui saat sudah muncul gejala gangguan penglihatan. Oleh karena itu, penting sekali bagi penderita diabetes untuk melakukan pemeriksaan mata rutin, bahkan jika tidak ada gejala penglihatan.

Dampak buruk diabetes pada mata seperti uraian di atas, sebenarnya dapat Anda cegah dengan melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga.(nn/klikdokter)


Top