Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Semua orang tahu, susu adalah sumber gizi kehamilan yang paling utama. Namun, bagaimana jika ibu hamil tidak bisa minum susu akibat satu dan lain hal? Adakah solusi alternatifnya?

Konsumsi susu terutama sangat penting untuk mencukup kebutuhan ibu hamil akan kandungan protein, kalsium dan vitamin D yang kadarnya tinggi di dalam susu.

Tetapi, dalam kondisi tertentu -intoleransi laktosa misalnya- pada ibu, kandungan gizi di atas dapat diperoleh dari sumber makanan lain.

Agar lebih jelas, berikut ini beberapa makanan pilihan yang kaya protein, kalsium dan vitamin D untuk Anda.


  • Sumber protein selain susu


Protein mengandung asam amino penting utnuk membantu perkembangan janin. Selain itu, zat gizi ini juga turut membantu meningkatkan penyerapan mineral– seperti kalsium dan fosfor, serta menjaga massa otot pada ibu hamil.

Protein terbagi menjadi 2 jenis, yaitu protein hewani dan nabati. Untuk protein hewani, Anda dapat menemukannya pada daging merah tanpa lemak, ikan, telur atau keju. Sedangkan protein nabati adalah kacang-kacangan, serealia, tahu, dan tempe.


  • Sumber kalsium dan vitamin D selain susu


Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi janin. Selama hamil, Anda disarankan untuk mengonsumsi 1000 mg kalsium dan 600 IU vitamin D setiap hari, terutama pada trimester tiga kehamilan. Pasalnya, saat tersebut adalah waktu dimana pertumbuhan tulang dan gigi janin terjadi sangat cepat.

Nah, salah satu sumber kalsium selain susu yang paling dianjurkan adalah yoghurt. Sebab, selain tinggi kalsium, asupan ini juga mengandung bakteri probiotik yang menyehatkan usus, serta dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan –seperti pre-eklampsia, diabetes pada kehamilan, infeksi vagina, dan alergi.

Selain yoghurt, tahu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau juga merupakan sumber kalsium yang baik. Anda pun dapat mengonsumsi suplemen kalsium atau produk makanan maupun minuman lain yang telah diperkaya dengan kalsium.

Sedangkan untuk vitamin D, Anda dapat menemukannya pada ikan salmon, sarden, tuna, tiram, udang, kuning telur, dan jamur. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin D atau makanan dan minuman yang telah diperkaya dengan vitamin D.
Sangat simpel, bukan? Jadi, jika tidak bisa minum susu karena suatu sebab medis, Anda kini tidak perlu khawatir lagi akan kecukupan gizi selama hamil.(nn/klikdokter )


Top