Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Perlemakan hati, atau biasa disebut dengan fatty liver, merupakan kondisi ketika hati Anda diselimuti oleh lemak. Sebenarnya normal jika terdapat lemak pada hati. Namun, jika lemak mencapai 5- 10% dari berat hati maka sudah di luar batas yang lazim.

Kondisi ini bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali. Apabila terjadi dalam jangka waktu panjang, barulah dapat muncul keluhan. Biasanya penderita akan merasa mudah lelah, penurunan berat badan, tidak nafsu makan, mual, dan sebagainya.

Penyebab paling sering dari perlemakan hati adalah alkohol. Bagi yang tidak mengonsumsi alkohol, penyebab pastinya belum diketahui tetapi ini kerap dihubungkan dengan obesitas.

Jika Anda mengalami obesitas, batasilah konsumsi makanan yang berlemak. Ingat, bukan melarang sama sekali, tetapi membatasi. Berikut ini makanan-makanan berlemak yang baik untuk penderita perlemakan hati:


  • Ikan
  • Minyak ikan
  • Flaxseed
  • Kacang-kacangan (terutama kacang kenari)


Keempat makanan di atas sangat kaya akan asam lemak omega-3. Zat ini sudah dikenal memiliki banyak kebaikan. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah perlemakan hati yang sedang Anda alami.

Selain itu, ada beberapa makanan berlemak lainnya yang juga bagus untuk penderita perlemakan hati. Seperti minyak zaitun dan alpukat. Keduanya termasuk lemak tak jenuh tunggal yang merupakan antioksidan.

Demikianlah makanan- makanan berlemak yang baik untuk penderita perlemakan hati. Walaupun mengandung lemak baik, Anda tetap harus bijak dalam mengonsumsinya. Dengan pola hidup sehat, hati Anda pun ikut sehat!  (nn/klikdokter)


Top