Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.Jakarta--Coba hitung berapa lama Anda duduk dalam satu hari? Jika Anda bekerja di depan komputer, biasanya sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan dengan posisi duduk dan tidak bergerak secara aktif.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Apa sajakah?


  • Nyeri bokong dan punggung bawah

Terlalu lama duduk dapat memicu nyeri pada punggung bawah, yang dapat menjalar ke kaki kiri atau kanan. Nyeri juga bisa terasa saat perubahan posisi.

Kondisi tersebut dapat ditangani dengan melakukan peregangan secara berkala. Saat punggung terasa pegal, berdirilah dan gerakkan tubuh Anda memutar ke kiri dan ke kanan. Anda juga bisa berjalan sebentar untuk mengurangi rasa pegal pada punggung.


  • Perubahan bentuk bokong

Ternyata, jika Anda sering duduk terlalu lama, bentuk bokong juga dapat mengalami perubahan. Tonus otot dapat berkurang dan membuat bentuk bokong menjadi tidak berisi.

Karena itu, tetaplah aktif agar bentuk bokong tidak berubah. Anda juga disarankan untuk melakukan berbagai gerakan olahraga yang memperkuat bagian bokong, misalnya squat.


  • Peningkatan risiko berbagai penyakit 

Selain gangguan postur dan bentuk bokong, duduk terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko kegemukan. Jika seseorang memiliki berat badan berlebih, risiko untuk terkena penyakit jantung juga meningkat. Di samping itu, duduk terlalu lama juga memicu penurunan kekuatan tulang.
Sudah tahu, kan, risikonya jika sering duduk terlalu lama? Jika ingin tulang Anda kuat, jantung sehat, dan bentuk bokong yang baik, hindarilah duduk terlalu lama dan stay active!    (nn/klikdokter)


Top