Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Menjaga janin tetap sehat adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap wanita hamil. Karena nantinya, hal ini akan memengaruhi tumbuh kembang anak hingga ia beranjak dewasa.

Sejatinya, kesehatan anak diperoleh sejak ia masih berada di dalam kandungan. Oleh karena itu, dengan memastikan janin tetap sehat, Anda akan memiliki anak yang sehat dan gemilang di masa yang akan datang.

Untuk mewujudkannya, lakukan kita berikut:


  • Penuhi kebutuhan kalori harian


Jumlah asupan sangat memengaruhi nutrisi janin Anda. Karena itu, singkirkan niat untuk diet atau menghindari peningkatan berat badan selama hamil. Jika memang berat badan Anda meningkat pesat saat hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.


  • Cukupi kebutuhan asam folat 


Asam folat berfungsi untuk menunjang pembentukan sel-sel dan sistem saraf. Jika kebutuhan asam folat tidak terpenuhi, risiko cacat bawaan pada janin akan lebih besar. Asam folat bisa Anda temukan pada sayuran hijau, dan buah-buahan –seperti jeruk, pisang dan alpukat.


  • Perhatikan asupan zat besi 


Selama hamil, kebutuhan zat besi meningkat untuk pembentukan sel darah merah dan plasenta. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan zat besi harian Anda terpenuhi dengan mengonsumsi daging, sayur, dan buah-buahan. Jika perlu, Anda juga bisa konsumsi suplemen zat besi.


  • Tingkatkan asupan kalsium dan vitamin D 


Kalsium sangat diperlukan untuk pembentukan gigi, tulang, hati, saraf dan otot janin. Sedangkan, vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Karena itu, pastikan kebutuhan kalsium dan vitamin D Anda terpenuhi, ya.


  • Jangan lupakan yodium


Kekurangan yodium selama hamil dapat berakibat pada terhambatnya perkembangan fisik dan mental bayi (hipotiroidisme). Karena itu, pastikan kebutuhan yodium harian selama hamil tercukupi.

Yodium bisa Anda temukan pada ikan tuna dan sarden, bayam, serta susu. Jika perlu, Anda juga bisa mendapatkan yodium dari suplemen.


  • Hindari rokok dan minuman alcohol


Rokok dan alkohol terbukti sangat berbahaya bagi janin. Untuk menghindari dampak buruknya, jauhkan diri Anda dari dua hal ini sama sekali.


  • Istirahat cukup dan jauhi stress


Dengan istirahat cukup dan tidak stres selama hamil, maka pertumbuhan janin di dalam kandungan Anda dapat berlangsung lebih optimal.
Selain tujuh kiat di atas, jangan lupa untuk cek kehamilan rutin ke dokter. Ingat, agar janin tetap sehat, kesehatan ibu hamil juga harus dijaga dengan baik dan benar.(nn/klikdokter)


Top