Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.Jakarta--Anda hobi berenang? Tidak? Kalau begitu bagaimana dengan kegemaran berendam atau mandi berlama-lama? Bila jawaban dari salah satu pertanyaan tersebut adalah “Ya”, Anda mungkin pernah memerhatikan jari-jari yang mulai berkerut saat berada di air dalam waktu yang cukup lama
.
Sebagian dari kulit tubuh manusia memiliki respons yang unik saat terekspos dengan air. Berbeda dengan pada bagian tubuh lainnya, kulit pada jari-jari dan telapak –baik pada tangan maupun kaki– cenderung berkerut setelah cukup basah. Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk hal ini terjadi hanya sekitar 5 menit.

Para pakar memiliki berbagai pendapat yang berbeda mengenai hal ini. Ada yang mengatakan bahwa lapisan luar kulit menarik air ke dalam kulit dan menampungnya, sehingga membentuk kerutan.

Lapisan luar kulit dikatakan dapat menampung air yang diabsorpsi akibat fungsi dari keratin yang elastis dan membentuk struktur tiga-dimensi. Ini membuat lapisan luar kulit mudah menampung air saat terekspos air. Kerutan biasanya segera hilang saat kulit kering.

Namun, ada juga pakar yang mengatakan bahwa terjadinya kerutan pada jari tersebut merupakan respons dari sistem saraf simpatis tubuh. Ini adalah sistem saraf yang berperan dalam stimulasi tubuh untuk mempersiapkan melakukan aktivitas.

Pakar neurobiology, Mark Changizi, mengatakan bahwa kerutan pada jari dalam keadaan basah juga merupakan suatu bentuk adaptasi dari tubuh. Tujuannya untuk membuat jari-jari tangan lebih mudah menggenggam suatu objek dalam keadaan basah.

Mengenal beberapa fakta mengenai apa yang terjadi pada tubuh dapat membantu untuk lebih mengerti mengenai proses alamiah tubuh manusia. Begitu juga dengan mengetahui alasan ilmiah di balik terjadinya hal tersebut.

Hal ini terutama dapat membantu Anda untuk memahami apa yang terjadi saat melihat kerutan pada jari setelah Anda berenang. Nah, kini Anda sudah tidak penasaran lagi mengapa jari berkerut saat berenang, kan?   (nn/klikdokter)


Top