Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.Jakarta-- Selama ini, jerawatan dikenal sebagai keluhan yang hanya terjadi pada para remaja. Padahal, jerawat juga bisa muncul di usia tua.

Masa puber memang diketahui menyebabkan gejolak hormonal yang menyebabkan jerawatan. Namun, gejolak hormonal tidak hanya dialami oleh anak remaja saja. Ada sebagian orang dewasa berusia antara 30-50 tahun yang masih mengalaminya, atau bahkan baru mengalaminya di usia tersebut.


  • Penyebab Jerawatan di Usia Tua


Jerawat yang timbul di usia tua disebut dengan jerawat dewasa. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat gejolak perubahan hormonal pada tubuh penderita, yang kebanyakan adalah wanita.

Beberapa keadaan yang menyebabkan jerawat dewasa. Di antaranya stres fisik dan emosional, menstruasi, memasuki masa menopause, penggunaan kontrasepsi hormonal –seperti pil atau suntik, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Obat-obatan penyebab jerawat dewasa, antara lain obat antikejang, kortikosteroid, dan obat kelainan bipolar. Selain itu, mereka yang orangtua atau anggota keluarganya mengalami jerawat dewasa juga lebih berisiko menderita jerawat dewasa di kemudian hari.


  • Mengatasi Jerawatan di Usia Tua


Pertama, tenangkan dulu diri Anda. Karena seperti yang sudah dijelaskan, stres emosional turut berpengaruh pada terjadinya jerawat dewasa.
Kedua, tetap jaga kebersihan wajah Anda dengan saksama. Bersihkan wajah dua hingga tiga kali sehari, dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika menggunakan kosmetik, pastikan Anda sudah membersihkan sisa-sisa kosmetik terlebih dahulu dengan pembersih khusus.

Ketiga, gunakan obat-obatan. Anda dapat memilih jenis obat-obatan yang dijual bebas untuk mengobati jerawat dewasa, seperti yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau sulfur.

Selain dengan obat-obatan, Anda juga dapat mengatasi jerawat dewasa dengan menjauhi stres, tidur 7-8 jam sehari, melakukan relaksasi dan hobi, minum air putih setidaknya 2 liter sehari, dan banyak mengonsumsi sayur dan buah. Jika hasilnya masih belum memuaskan, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Bagi Anda yang sudah tua, jangan langsung berpikir bahwa Anda bebas dari jerawatan, ya. Sebab keluhan ini bisa menyerang usia muda maupun tua. Jadi, waspadalah!   (nn/klikdokter)


Top