Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.Jakarta-- Kopi dan rokok sudah seperti pasangan yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Apalagi di saat para pekerja sedang diburu oleh deadline, yang harus segera diselesaikan.

Kopi sendiri sudah menjadi minuman yang lebih dari pelengkap menu sarapan pagi. Akhir-akhir ini, kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern kebanyakan orang. Kopi ‘naik kelas’.

Berawal dari minuman yang biasa dinikmati di rumah atau warung, kini Anda bisa menemukannya di kafe atau gerai waralaba di berbagai pusat perbelanjaan dan perkantoran. Variannya pun semakin bervariasi –dengan tambahan sirup, susu, jelly atau sekedar ditambah gula.

Bagaimana dengan rokok? Teman setia kopi yang satu ini konon membuat penikmatnya lebih aktif, apalagi jika sedang diburu deadline. Bahkan banyak yang menganggap bahwa kopi dapat memacu kreativitas.

Antara kopi, rokok, dan kulit kering

Seperti alkohol, kopi juga bersifat diuretik. Artinya, membuat Anda menjadi lebih sering berkemih dan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi tentu berdampak negatif pada kulit, yakni menyebabkan kulit lebih mudah kering dan timbul kerutan.

Tak berbeda jauh dengan kopi, rokok pun dapat member efek negatif pada kulit Anda. Nikotin dan zat-zat beracun yang ada di dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin.

Kolagen itu sendiri berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan kencang. Jika rusak, maka kulit Anda pun akan terlihat lebih kendur dan timbul kerutan.

Di samping itu, rokok juga dapat merusak pembuluh darah Anda. Akibatnya, aliran darah ke kulit menjadi terganggu, aliran oksigen menjadi tidak maksimal, sehingga kulit Anda menjadi kering dan kusam.

Batasi atau hentikan?

Jika Anda ingin terhindar dari kulit kering, batasi asupan kopi atau minuman berkafein lainnya hanya 1 gelas per hari. Pastikan juga Anda minum air putih lebih banyak ketika mengonsumsi kopi, agar terhindar dari dehidrasi dan kulit kering.

Untuk urusan rokok, Anda harus berhenti sama sekali. Percayalah, tak ada dampak positif apa pun dari rokok untuk Anda.
Kulit kering memang tidak hanya disebabkan oleh kopi dan rokok. Namun dengan mengurangi kopi dan berhenti merokok, Anda turut menurunkan risiko kulit kering di kemudian hari. Jadi, masihkah Anda berpikir bahwa kopi dan rokok adalah sahabat sejati?(nn/klikdokter)


Top