Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Malang  - Harga cabai di Kota Malang, Jawa Timur, awal pekan ini harganya menembus angka Rp140 ribu per kilogram atau naik sekitar Rp20 ribu sampai Rp25 ribu/kg dari harga akhir pekan lalu.

Pedagang bumbu-bumbuan di Pasar Dinoyo Arsani di Kota Malang, Selasa, mengaku beberapa waktu lalu harga cabai sempat turun menjadi Rp90 ribu/kg. Namun, hanya bertahan tidak sampai sepekan, kemudian secara perlahan naik lagi.

"Sekarang harganya sudah menembus angka Rp140 ribu/kg. Itu pun masih ada campurannya cabai hijau, bukan kualitas super," kata Arsani.

Menurut dia, hampir setiap hari harga cabai mengalami kenaikan. Harga saat ini (Rp140 ribu/kg) merupakan harga tertinggi dalam beberapa tahun terakhir ini. Pada tahun lalu, paling mahal antara Rp90 ribu dan Rp100 ribu/kg.


Menanggapi tingginya harga cabai tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Indri Ardoyo mengaku akan mengumpulkan penyuluh pertanian untuk mencari solusi bagaimana menyikapi kenaikan harga cabai yang sangat tinggi tersebut.

Indri mengaku saat ini dirinya masih melakukan pendampingan pada warga untuk budi daya penanaman cabai di pekarangan. Hanya saja, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat masih belum mengantongi data luasan areal pekarangan warga kawasan kota (urban farming) yang ditanami komoditas cabai.

"Kami akan menggiatkan penanaman komoditas ini, apalagi harga cabai fluktuasi, bahkan cenderung tinggi seperti sekarang ini. Jika rumah tangga bisa menanam cabai dan memanennya di saat harga cabai tinggi, tidak akan terlalu mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap komoditas kebutuhan bumbu-bumbuan tersebut," katanya.
(antara)


Top