Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Kebiasaan ngemil bisa menjadi kendala besar bagi mereka yang sedang berdiet. Hasrat untuk ngemil ini sering kali muncul saat orang merasa stres, cemas, atau bosan.

Ngemil buah-buahan tentu bagus untuk tubuh. Sayangnya, sebagian orang lebih memilih camilan yang banyak gula, lemak, dan karbohidrat. Contohnya kue- kue manis dan gorengan.

Padahal terlalu banyak mengonsumsi camilan tinggi gula dan lemak tidak akan memberikan efek baik bagi kesehatan. Tapi bagaimana menghentikan kebiasaan buruk ini?

Berikut ini delapan cara mudah untuk mengurangi kebiasaan ngemil:


  • Makan secara teratur 


Makanlah tiga kali sehari dengan teratur, yakni saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika Anda melewatkan makan, hasrat untuk ngemil menjadi lebih mudah muncul.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein, dan lemak baik. Makanan tersebut dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hindari fast food karena selain tidak mengenyangkan, juga bisa menimbun lemak!


  • Berpikir ulang sebelum ngemil


Sebelum mengambil makanan camilan, berhentilah sejenak, kemudian pikirkan: Apakah saya benar-benar lapar? Atau hanya bosan, lelah, atau stres?


  • Jangan membeli camilan


Buatlah daftar belanjaan sebelum ke supermarket, terutama jika Anda memiliki kebiasaan lapar mata. Hindari juga stand makanan ringan, cokelat, es krim, atau makanan manis lainnya saat berbelanja.


  • Mengganti camilan dengan makanan yang lebih sehat


Jika Anda benar-benar tidak bisa menahan hasrat untuk ngemil, pilihlah camilan sehat. Misalnya buah-buahan, oatmeal, dan kacang-kacangan (edamame, pistachio, almond).


  • Alihkan perhatian dengan tetap aktif


Saat bosan, orang akan cenderung mencari makanan. Carilah kegiatan yang bisa mengalihkan keinginan tersebut –seperti membersihkan rumah, olahraga, atau mencari hobi baru. Semakin sibuk Anda, semakin sedikit keinginan untuk ngemil.


  • Matikan TV


Menjauhlah dari TV saat Anda sedang bosan. Saat menonton, Anda akan cenderung ingin ngemil. Ingin bersantai? Cobalah membaca buku atau majalah. Kegiatan membaca buku akan membuat otak lebih aktif dibandingkan hanya duduk menonton TV.


  • Banyak minum


Air bisa membuat perut terasa kenyang, dan yang terpenting air tidak mengandung kalori. Dengan cara ini, Anda juga akan terhindar dari dehidrasi dan kulit pun lebih bercahaya.


  • Tidur cukup


Seseorang yang mengalami insomnia biasanya akan mencari camilan pada malam hari. Kekurangan tidur juga membuat seseorang lebih lapar pada siang harinya.
Ngemil sebenarnya sah-sah saja. Asalkan makanan yang dipilih tinggi protein dan serat. Jika Anda memang tidak tahan dengan kue-kue manis dan gorengan, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.       (nn/klikdokter)


Top