Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta--Perawatan kulit dengan SPF lotion memang bisa menjaga kulit sehat Anda. Menggunakan lotion dengan kandungan SPF 24 saat beraktivitas membuat Anda tak perlu khawatir dengan paparan sinar UV. Kulit Anda pun selalu sehat tanpa perawatan yang merepotkan.

Bukan hanya perawatan dari luar saja yang membuat kulit sehat dan awet muda. Anda juga mesti mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimb
ang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kulit.

Bertambahnya usia adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari. Demikian pula halnya yang terjadi pada kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan kulit akan ikut terpengaruh. Meski demikian, bukan berarti tak bisa yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit sehat Anda. Dengan mengonsumsi asupan makanan yang tepat, proses penuaan dapat diminimalkan.
Apa saja bahan makanan yang dapat membuat kulit sehat dan awet muda?


  • Alpukat


Alpukat dikenal dengan julukan buah sejuta manfaat. Istilah tersebut memang tepat karena alpukat memiliki beragam manfaat, termasuk untuk menjaga kesehatan kulit.

Alpukat mengandung biotin, jenis vitamin B kompleks yang berfungsi menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Buah ini juga kaya antioksidan carotenoid, vitamin C, vitamin E, dan asam lemak tak jenuh. Nutrisi tersebut berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaganya agar tetap awet muda.

Alpukat juga dapat digunakan sebagai masker kulit. Kandungan lemak baik pada alpukat akan meresap langsung ke lapisan kulit dan menjaga kulit Anda dari kekeringan.


  •  Tomat


Kandungan lycopene pada tomat terbukti dapat berperan sebagai tabir surya alami dari dalam tubuh. Para peneliti menyatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi tomat memiliki kulit yang lebih tahan terhadap paparan sinar UV (ultraviolet) dibandingkan yang tidak mengonsumsi tomat.

Manfaat tomat tersebut tentu sangat berguna bagi masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Daerah beriklim tropis mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun sehingga risiko paparan sinar UV lebih tinggi.  


  •  Teh


Tak cuma mampu memberikan efek relaksasi, secangkir teh juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Daun teh mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas.

Efek radikal bebas memang dapat membahayakan kesehatan kulit. Selain menyebabkan penuaan, paparan radikal bebas juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Penelitian membuktikan konsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit serta menjaga kulit sehat dan awet muda.


  • Tempe


Tempe dan olahan kacang kedelai lainnya mengandung isoflavon. Senyawa pada kacang kedelai tersebut merupakan jenis estrogen aktif yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan, mengonsumsi produk olahan kedelai secara teratur dapat memperbanyak lapisan elastin dan kolagen serta memperlancar peredaran darah pada kulit. Hasilnya, kulit jadi tidak mudah keriput, elastis, dan senantiasa sehat.   (nn/klikdokter)


Top