Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Jakarta Setelah mengetahui bahaya kolesterol tinggi yang tidak terkontrol, kebanyakan orang akan berpikir untuk memulai gaya hidup sehat.

Meski begitu, tidak semua mengetahui bahwa menerapkan gaya hidup sehat saja belum cukup. Karena Anda juga harus menghindari kesalahan dalam menurunkan kolesterol berikut ini:


  • Tidak Periksa Kadar Kolesterol

Ketika menerapkan gaya hidup sehat, sebagian orang lupa untuk periksa kadar kolesterol ke pusat kesehatan terdekat. Padahal, tindakan ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan, guna menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.


  • Tidak Sarapan atau Makan Malam


Kegemukan adalah salah satu faktor kadar kolesterol tinggi. Tentu, pengaturan makan yang baik serta olahraga rutin dan teratur akan membantu menurunkan berat badan dan juga kadar kolesterol di dalam tubuh.

Namun, orang-orang yang malas olahraga biasa menyiasati hal tersebut dengan mengurangi waktu makan –misalnya sarapan atau makan malam.

Padahal, sarapan yang cukup dan sehat dapat membantu memberikan tenaga untuk aktivitas hingga tiba jam makan siang. Sedangkan makan malam, dengan sayur ataupun buah, dapat membantu tubuh memulihkan tenaga untuk aktivitas esok hari.


  • Takut Minum Obat


Kondisi yang sangat umum terjadi adalah orang takut minum obat. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Bila tidak diperlukan, tentu Anda tidak perlu minum obat.
Faktanya, dokter juga akan berusaha untuk menghindari pemberian obat-obatan yang tidak perlu. Namun, bila kolesterol tinggi mengharuskan Anda mengonsumsi obat, jangan takut untuk melakukannya. Asalkan Anda selalu mengikuti anjuran yang diberikan oleh dokter.


  • Kurang Buah dan Sayur


Buah dan sayur membantu memberikan rasa kenyang, sehingga tidak membuat Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu, beberapa jenis buah dan sayuran hijau juga mengandung plant stanol ester yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.


  • Diet Ketat


Pengaturan diet juga meliputi menu makanan. Diet tanpa nasi, namun masih mengonsumsi daging yang digoreng adalah tindakan yang kurang tepat.
Diet ketat tanpa olahraga juga demikian. Akibatnya, sirkulasi darah menjadi kurang baik dan tubuh kurang fit. Ingat, kurus bukan berarti terbebas dari kolesterol tinggi!

Sekarang Anda sudah tahu kesalahan apa saja yang paling sering dilakukan saat menurunkan kolesterol tinggi, bukan? Mulai saat ini, jangan ulangi kesalahan yang sama, ya!(nn/klikdokter)


Top