Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Radikal bebas merupakan komponen berbahaya, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Pasalnya, substansi ini berperan pada terjadinya kanker, sampai dengan penyakit jantung.

Radikal bebas adalah substansi berbahaya yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti merokok dan polusi udara. Substansi berbahaya ini memicu terjadinya peradangan dan kerusakan jaringan pada tubuh.

Nah, untuk menangkalnya, berikut adalah asupan yang sebaiknya Anda konsumsi:


  •     Vitamin A


Sebagai antioksidan, vitamin A dapat menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Vitamin ini umumnya diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya, Anda memerlukan suplementasi vitamin A sejumlah 900 mikrogram untuk pria dan 700 mikrogram untuk wanita.


  •     Vitamin C


Vitamin C sudah dikenal lama dalam menangkal radikal bebas. Untuk pria, sebaiknya mengonsumsi 90 miligram vitamin C setiap hari. Sedangkan untuk wanita, sebaiknya mengonsumsi 75 miligram vitamin C setiap hari.

Vitamin C dapat Anda temukan pada sayuran, jeruk, kiwi, dan stroberi. Jika asupan tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, maka Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C.


  •     Vitamin E


Vitamin E merupakan salah satu antioksidan penting untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Vitamin ini dapat ditemukan pada kacang-kacangan, sayuran dan minyak ikan. Jumlah yang disarankan adalah 15 IU per hari untuk pria dan 12 IU per hari untuk wanita.


  •     Selenium


Selenium merupakan elemen yang diperlukan oleh tubuh. Kekurangan substansi ini berhubungan dengan berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung.

Penelitian beberapa tahun terakhir membuktikan bahwa selenium dapat menurunkan radikal bebas. Substansi ini banyak dijumpai pada ikan tuna, sarden, dan ayam.

Asupan kaya akan antioksidan seperti di atas sangat penting untuk menangkal radikal bebas. Jika diikuti dengan pola hidup sehat serta berolahraga secara rutin dan teratur, maka bukan tidak mungkin tubuh Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.(nn/klikdokter)


Top