Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Jakarta  -- Uban adalah ciri rambut seseorang yang sudah tua. Namun kini tidak lagi, karena rambut putih tersebut juga hadir di kepala mereka yang masih berusia muda. Mengapa bisa ya muncul uban di usia muda?

Perlu diketahui, uban atau rambut putih timbul jika rambut kekurangan melanin –yaitu pigmen yang memberikan warna pada rambut. Disebut ubanan dini jika seseorang memiliki rambut putih ketika masih berusia 20 tahun (untuk orang kulit putih) dan 30 tahun (untuk orang Asia dan Afrika).

Berlawanan dengan kepercayaan masyarakat pada umumnya, ternyata stres tidak terbukti menyebabkan uban. Faktanya, ada tiga hal yang dapat menyebabkan uban di usia muda:
  •     Uban Akibat Autoimun
    Penyakit autoimun adalah kondisi ketika ketika sel- sel kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari kuman penyakit, berbalik menyerang dan menimbulkan kerusakan. Beberapa penyakit autoimun yang diketahui dapat menimbulkan uban di usia muda adalah vitiligo, penyakit tiroid autoimun, dan anemia pernisiosa (anemia karena kekurangan vitamin B12).
  •     Uban Akibat Merokok
    Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Indian Dermatology Online tahun 2013 mengungkapkan bahwa orang yang merokok berisiko memiliki uban lebih awal ketimbang mereka yang tidak merokok. Hal itu karena rokok dapat menimbulkan radikal bebas yang dapat merusak sel melanosit.

    Merokok disinyalir dapat membuat usia biologis tampak lebih tua dibandingkan dengan usia kronologis (usia sebenarnya, atau usia KTP). Oleh karena itu, bukan hanya uban, merokok juga sebabkan wajah, metabolisme, dan fisik secara keseluruhan lebih tua dari usia yang sebenarnya.
  •     Uban Akibat Kurang Gizi
    Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Trichology pada tahun 2013, kekurangan zat gizi tertentu juga dapat menyebabkan uban tumbuh lebih dini dari yang seharusnya.

    Kekurangan vitamin B12, zat besi, kalsium, dan vitamin D3 diketahui dapat menyebaban seseorang memiliki uban di usia muda. Oleh karena itu, pastikan agar Anda tidak diet terlalu ketat dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, sehingga kebutuhan gizi harian selalu terpenuhi.
(KLIKDOKTER)


Top