Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Info Sehat -- Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mata dan otak. Dalam omega-3 terdapat 3 komponen penting, yakni ALA (alpha-linolenic acid), DHA (decosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid).

ALA merupakan asam lemak esensial yang penting untuk dikonsumsi dalam diet sehari-hari. Meski sangat terbatas, ALA dapat diubah menjadi EPA dan DHA oleh tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk menambahkan makanan yang mengandung omega 3 dalam menu sehari-hari.

  • Makanan Laut

Salmon memang kaya akan kandungan omega-3. Namun, ikan dan makanan laut lainnya juga dapat menjadi sumber omega-3 seperti ikan makarel – tenggiri, sarden, halibut, herring, tuna, tiram, kerang, ikan kod, dan belut.

  • Kacang-kacangan dan Produk Kacang

Kacang kedelai, edamame, tahu, dan bahkan produk fermentasi seperti tempe pun mengandung omega- 3. Kacang walnut, pecan, hazelnut, dan almond pun mengandung omega- 3. Jadi, para vegetarian pun masih memiliki makanan sumber omega-3.


  • Biji-bijian

Flaxseed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki kandungan ALA yang tinggi. Sumber omega-3 lain nya yang berasal dari biji-bijian antara lain chia seed dan pumpkin seed.

  • Sayuran

Sayuran hijau pun dapat menjadi alternatif pilihan sumber omega-3 karena merupakan sumber ALA yang cukup baik. Kale, brussel sprout, bayam dan rumput laut merupakan beberapa di antaranya.
  • Produk Susu dan Telur

Telur, susu sapi, susu kedelai, yogurt dan margarin merupakan bahan makanan yang difortifikasi/ ditambahkan asam lemak omega-3 di dalamnya.

  • Minyak

Minyak zaitun, minyak kanola, minyak flaxseed, minyak walnut, minyak kedelai mengandung omega-3.
(klikdokter)


Top