Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA -- Masyarakat diminta agar cerdas dan kritis dalam menggunakan media sosial dan internet. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), masyarakat menggunakan Medsos dalam satu hari penuh rata-rata tak kurang dari 3,5 jam. Hal ini dikatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, saat menghadiri acara Dzikir Nasional Republika 2016 di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, Sabtu (31/12).
"Jadi betapa pengaruh dunia maya luar biasa pada hidup kita. Dan itu trennya akan terus meningkat," katanya.

Tidak hanya iyu, Lukman mengakui, internet berisi informasi yang begitu melimpah yang tidak semuanya negatif. Namun, pelbagai isu yang menyesatkan juga mudah ditemukan di internet. "Banyak juga informasi-informasi yang bukan hanya sekadar tak berguna, tapi juga merusak kita sebagai sebuah bangsa," ujarnya.

Menag lantas mengingatkan khalayak tentang sabda Nabi Muhammad SAW, bahwa seseorang bisa masuk ke dalam golongan pembohong bila ia menyampaikan setiap kata-kata yang didengarnya.

Apalagi, informasi yang masih sumir seringkali memancing emosi pembaca sehingga menimbulkan hujatan-hujatan di media sosial. Karena itu, Menag mengajak khalayak semua untuk lebih cerdas. Jangan mau diadu domba lantaran posting yang tak jelas sumbernya.  Alangkah lebih baiknya bila pengguna internet sering-sering membagikan konten yang bernilai ajakan positif.

Indonesia merupakan bangsa yang begitu majemuk. Menag berharap, seluruh elemen bangsa, khususnya umat Islam agar terus berkomitmen menjaga keutuhan negara Republik Indonesia.

Tidak tertutup kemungkinan, isu-isu samar berasal dari pihak luar yang ingin melihat Indonesia hancur. Sehingga, kata Menag, Indonesia kehilangan waktu pekerjaan yang bermanfaat karena waktunya terkuras di media sosial. (nn/rol)


Top