Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Ingatkah Anda, dunia netizen sempat dihebohkan dengan hadirnya deretan wanita cantik berseragam di depan layar kaca? Sebut saja Briptu (sekarang brigadir) Eka Frestya, Brigadir Avvy Olivia, dll. Pekerjaan sebagai polwan, tak haru membuat mereka terlihat tak modis.

Kehadiran mereka, membuat profesi polisi terutama polwan kini menjadi incaran banyak anak muda. Namun, untuk lulus seleksi, peserta perlu mengikuti serangkaian tes. Mulai dari tes psikologi, tes kesehatan, hingga tes kemampuan kompetensi. Salah satu komponen tes kesehatan adalah gigi.

Menurut Kombes Pol drg. Soesilo Pradoto, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara, Palembang, penilaian kesehatan gigi terdiri dari stakes 1 sampai 4. Stakes 4 artinya tidak memenuhi syarat.

Kemudian, ada hal-hal yang dapat menurunkan penilaian dalam tes kesehatan gigi, seperti:


  1.     Gigi yang terhitung lengkap adalah sebanyak 28 gigi. Jika kehilangan lebih dari empat gigi maka dapat menurunkan penilaian.
  2.     Kehilangan gigi geraham maksimal sebanyak empat gigi, masih dalam batas toleransi.
  3.     Tidak boleh kehilangan gigi depan.  
  4.     Jika kehilangan gigi depan maka harus digantikan dengan gigi palsu cekat (crown and bridge) berbahan porselen. Tidak boleh menggunakan gigi palsu berbahan akrilik.
  5.     Maksimal kehilangan gigi depan adalah sebanyak dua gigi. Kehilangan lebih dari dua gigi dapat menurunkan penilaian.
  6.     Terkait gigi depan yang maju dengan gigi bawah, jarak overbite tidak boleh lebih dari 4 mm.
  7.     Kehilangan tiga gigi berurutan akan mendapatkan penilaian stakes 4.
  8.     Memiliki satu gigi sisa akar mendapatkan penilaian stakes 3.
  9.     Memiliki lebih dari satu gigi sisa akar mendapatkan penilaian stakes 4.
  10.      Untuk hubungan gigi depan atas dan bawah yang berhimpit mendapatkan penilaian stakes 2.
  11.      Jika terdapat karang gigi dan stain dalam 1 regio mendapatkan penilaian stakes 2.
  12.      Jika terdapat karang gigi dan stain dalam 2 regio mendapatkan penilaian stakes 3.
  13.      Jika terdapat karang gigi dan stain dalam 3 regio mendapatkan penilaian stakes 4.
  14.      Jika terdapat gigi bertumpuk lebih dari empat gigi, maka mendapatkan penilaian stakes 4.
  15.      Bagi penderita kelainan bibir sumbing, untuk mendapatkan penilaian yang baik maka perlu melakukan operasi estetik.
  16.      Gigi yang mengalami perubahan warna akibat terapi antibiotik tetrasiklin, akan mendapatkan pertimbangan “Ya/ Tidak”.
  17.      Jika terdapat sariawan lebih dari dua, menjadi pertanda kebersihan mulut yang kurang baik sehingga dapat menurunkan penilaian.
  18.      Jika terdapat epulis gravidarum (benjolan pada gusi saat hamil), menjadi pertanda bahwa peserta seleksi sedang hamil sehingga tidak memenuhi syarat.
  19.      Indikasi bau mulut juga akan diperiksa dan dapat menurunkan penilaian.
  20.      Gigi yang terlihat renggang juga akan menurunkan penilaian.


Bagi peserta yang memiliki prestasi di bidang tertentu, misalnya olahraga atau lainnya, maka akan mendapatkan penilaian tambahan yang disebut telescoting.

Syarat-syarat kesehatan gigi ini mutlak harus dipenuhi bila ingin lulus seleksi polwan. Oleh karena itu, sebelum mengikuti seleksi, sebaiknya periksa dan rawatlah gigi Anda ke dokter gigi.

Ingat, penilaian kesehatan gigi ini hanya diberikan kesempatan satu kali. Jika tidak memenuhi syarat maka peserta bisa langsung gagal. (nn/klikdokter)


Top