Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Sebagian ibu hamil pasti pernah mengalami suatu waktu di mana dirinya kesulitan tidur atau terpaksa untuk begadang. Jika Anda termasuk yang mengalaminya dan terjadi terus-menerus, waspadalah!

Tidur larut malam atau begadang pada ibu hamil sering dikaitkan dengan perubahan hormon, keluhan mual muntah, dan perasaan stres. Jika Anda tidak bisa menyiasati keluhan tersebut, maka inilah risiko yang akan Anda hadapi:

  •     Daya tahan tubuh menurun
Begadang dapat menyebabkan daya tahan tubuh Anda menurun. Turunnya daya tahan tubuh akan membuat Anda rentan terserang berbagai penyakit.

  •     Komplikasi pada janin

Penelitian yang dilakukan oleh University of Pittsburgh Medical Center menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara sering begadang saat hamil dengan kedaan bayi saat dilahirkan.

Kurangnya kualitas dan kuantitas waktu tidur menyebabkan berkurangnya regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh Anda sebagai calon ibu –termasuk pada janin yang dikandungnya. Kejadian ini meningkatkan risiko berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.

  •     Pre-eklampsia

Sebuah penelitian mengenai hubungan antara tidur dan kehamilan dilakukan oleh Center For Perinatal studies, Swedish Medical Center. Hasilnya menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidur kurang dari 6 jam di malam hari pada trimester pertama kehamilan memiliki risiko terhadap peningkatan tekanan darah sistolik 4 mmHg lebih tinggi dibanding ibu hamil yang tidur dalam waktu normal. Kondisi tersebut membuat risiko sang ibu menderita pre-eklampsia meningkat menjadi 9 kali lebih tinggi.

Pre-eklamsia dapat menyebabkan berbagai risiko komplikasi, yang salah satunya adalah kejang pada sang ibu (eklampsia). Ini berpotensi menyebabkan kematian pada ibu dan janin.

Untuk mencegah kondisi di atas, Anda diwajibkan untuk senantiasa mengonsumsi asupan bergizi seimbang dan cukup istirahat. Adapun anjuran waktu tidur dari Center for Perinatal Studies di Swedish Medical Center, Amerika Serikat, yakni 7-9 jam setiap harinya. Apabila ini dilakukan, maka kesehatan Anda dan janin yang ada di dalam kandungan dapat terus terjaga.(nn/klikdokter)


Top