Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.InfoSehat-- Menghabiskan hari libur dengan menonton film box office akan terasa lebih menyenangkan jika ditemani camilan. Tapi, tahukah Anda bahwa kebanyakan camilan dapat menyebabkan gigi keropos -meskipun tidak mengandung gula? Kenali jenis makanan lainnya yang bisa memicu gigi keropos.

1. Es batu

Meski terbuat dari air putih, tidak mengandung pemanis ataupun zat tambahan lainnya, kebiasaan mengunyah es batu dapat membahayakan gigi. Struktur enamel dan es batu yang sama kerasnya, dapat menyebabkan keretakan pada gigi saat beradu. Keretakan gigi dapat membuat gigi menjadi hipersensitif.

2. Makanan ringan (snack)

Selain dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 dan obesitas, snack –seperti keripik kentang, juga bisa membuat gigi keropos. Zat karbohidrat di dalam tepung dipecah oleh bakteri menjadi zat asam sehingga mengikis enamel. Pastikan tidak ada sisa keripik yang tertinggal dengan menyikat sela-sela gigi sampai bersih.

 3. Lemon, jeruk nipis, dan stroberi

Ketiga buah ini mengandung fruktosa dan zat asam. Meski mengandung vitamin C yang tinggi, namun jika berada terlalu lama di dalam mulut berisiko melunakkan enamel dan memicu terjadinya karies. Imbangi konsumsinya dengan minum air putih yang cukup.

4. Makanan yang lengket dan manis

Ketika membeli camilan sehat, sebagian orang cenderung memilih buah kering. Buah kering biasanya memiliki struktur yang lengket dan dapat merusak gigi karena menempel lebih lama dibanding makanan lainnya. Pastikan Anda minum air putih dan menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan tersebut agar terhindar dari gigi keropos.

5. Minuman bersoda dan jus buah

Pada dasarnya minuman ini bersifat asam. Minuman dan makanan manis dalam jangka panjang dapat membuat plak gigi menjadi sarang bakteri. Bakteri tersebut memproduksi asam untuk melunakkan enamel sehingga memudahkan gigi keropos. Menggunakan sedotan dapat meminimalkan terpaparnya gigi dengan minuman tersebut.

6. Kopi dan teh

Kopi dan teh adalah minuman alami yang baik untuk kesehatan. Sayangnya banyak orang yang lebih suka menikmatinya dengan tambahan gula. Masalahnya, tambahan tersebut dapat memicu gigi keropos. Jadi, pastikan selalu minum air putih setelahnya.

 7. Permen

Permen memang manis dan nikmat. Tapi konsumsi terus-menerus dapat merusak gigi. Permen yang bersifat keras juga berisiko membuat gigi patah atau retak. Sebagai penggantinya, kunyahlah permen karet atau permen mint tanpa pemanis buatan.

8. Minuman beralkohol

Alkohol dapat menyebabkan mulut kering karena produksi air ludah yang berkurang. Hal ini bisa menyebabkan gigi berlubang, serta penyakit gigi dan gusi lainnya. Peminum alkohol berat juga berisiko mengalami kanker mulut.

    Untuk menyiasati dampak buruk dari makanan dan minuman di atas, selingi dengan air putih yang cukup. Jangan lupa untuk menyikat gigi minimal satu jam setelah mengonsumsinya, agar mineral dalam gigi tidak larut dan terlepas dari enamel.(nn/klikdokter)




Top