Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan 300 Prajurit Zeni Konstruksi (Zikon) TNI, dengan menggunakan tiga pesawat Hercules TNI AU menuju lokasi gempa di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Kesemuanya terdiri dari 100 personel Zikon 13 Jakarta dan 200 personel Zeni Marinir Jakarta. Kata Kapusen TNI, Wuryanto dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (10/12).
Wuryanto mengatakan bahwa sebanyak 300 pasukan tersebut dikirim dalam rangka mempercepat proses rehabilitasi, khusunya di bidang konstruksi.

 "Dalam rangka mempercepat proses rehabilitasi bangunan yang rusak akibat dampak gempa," ujarnya.

Menurut Wuryanto, pengiriman bantuan tersebut sudah sesuai dengan tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 34 tentang TNI pasal 7 ayat (2) poin b. Undang-Undang tersebut menyatakan, tugas pokok TNI salah satunya adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP) termasuk didalamnya membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

"Seluruh prajurit TNI wajib terpanggil bila terjadi bencana alam diseluruh wilayah Indonesia, untuk hadir memberikan bantuan kemanusiaan tanpa mengenal waktu, termasuk bencana yang terjadi di NAD saat ini,” kata Wuryanto. (nn/rol)


Top