Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat -- Batas harian konsumsi gula yang direkomendasikan ialah 30 gram per hari, atau setara dengan tujuh sendok teh gula. Sayangnya, Daily Star mengungkapkan bahwa rata-rata masyarakat mengonsumsi gula lebih dari tiga kali lipat dari jumlah yang telah direkomendasikan dalam satu hari.

Padahal, jika masyarakat dapat membatasi diri dari konsumsi gula berlebih, ada banyak manfaat kesehatan yang akan dirasakan. Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Obesity bahkan menunjukkan bahwa berhenti mengonsumsi gula selama sembilan hari dapat memperbaiki kondisi kesehatan.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti melibatkan 43 anak obesitas berusia sembilan hingga 18 tahun. Tim peneliti kemudian mengubah asupan gula yang biasa dimakan oleh anak-anak tersebut dengan pati. Meski mengubah gula dengan pati, jumlah kalori yang dikonsumsi tetap sama. Seluruh anak-anak obesitas tersebut menjalani diet rendah gula ini selama sembilan hari. Setelah sembilan hari, tim peneliti menemukan adanya perubahan ke arah yang lebih baik meski kalori dalam pola makan anak tidak dikurangi. Perubahan tersebut ialah tekanan darah, insulin dan kadar kolesterol yang mengalami penurunan.

"Semuanya menjadi lebih baik. Temuan ini mendukung ide bahwa penting bagi orang tua untuk mengevaluasi asupan gula dan lebih peka terhadap dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh makanan yang dikonsumsi anak mereka.(ys/rol)


Top